Dijamin Cuan! Ide Bisnis di Bulan Ramadhan 2022

138 View

Kabarinesia.com – Dalam kalender Islam, kini kita telah memasuki bulan Sya’ban. Dengan kata lain, umat Islam akan segera menjalankan ibadah puasa pada bulan mendatang. Bagi para wirausaha, bulan Ramadan selalu menjadi peluang tersendiri. Karena itu, kali ini kami akan membahas ide jualan bulan puasa untukmu.

Selain kental nuansa religinya, momen Ramadan identik dengan kebersamaan dan kehangatan. Dari berbagai kebiasaan di bulan puasa inilah, ada banyak potensi bisnis yang bisa kamu eksplorasi.

Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Walaupun situasi saat ini tetap tidak sama seperti Ramadan sebelumnya sebab masih kita masih harus berupaya menekan kasus COVID-19, tetapi tetap ada kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi besar mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Terlepas dari adanya pembatasan sosial, setiap keluarga masih akan menjalani buka puasa dengan menu-menu tertentu, ada ibadah sahur yang juga menjadi kebiasaan, serta persiapan busana khusus menjelang lebaran.

Kalau kamu tidak ingin ketinggalan dan turut meraup cuan, coba pertimbangankan beberapa ide jualan paling laris di bulan Ramadhan berikut ini!

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa

Saat puasa, orang biasanya berbuka dengan menyantap takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Biasanya, takjil hadir dalam bentuk santapan segar seperti es atau minuman lainnya.

Karena itu, ide jualan minuman bulan puasa terbilang sangat menjanjikan. Pasalnya, kebanyakan orang memilih untuk membeli takjil ketimbang membuat sendiri di rumah.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan berjualan aneka jus, es buah, dan sebagainya. Bahkan, mungkin kamu bisa juga menjual menu minuman tradisional seperti es cendol dan es cincau.

Baca Juga: 3 Aplikasi Trading Saham Terbaik Dan Aman Untuk Investasi Ada Bareksa Hingga Bibit

Menu-menu minuman tersebut merupakan menu takjil yang cukup lekat dengan masyarakat Indonesia. 

Kamu dapat memulai bisnis jualan minuman takjil ini dengan menyesuaikan bujet serta sasaran konsumen. Namun, sebelum memulai usaha ini, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu, misalnya dengan bertanya pada orang sekitar tentang takjil favorit mereka.

Selanjutnya, cobalah buat beberapa jenis minuman dan berikan kepada orang sekitar secara gratis untuk dinilai rasanya. Jika kualitas produkmu sudah bagus, kamu siap berjualan pada Ramadan mendatang.

Ide Jualan Makanan Bulan Puasa

Hidangan berbuka puasa juga memiliki peluang tersendiri. Jadi, kamu juga bisa mempertimbangkan ide jualan makanan bulan puasa.

Berbicara makanan, ada banyak sekali jenis santapan yang bisa kamu eksplorasi. Kamu bisa menawarkan makanan ringan sebagai camilan ketika berbuka puasa, makanan segar sebagai pilihan takjil, atau makanan berat yang lezat untuk disantap sebagai makan utama.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan, sesuaikan menu makanan yang kamu jual dengan daerah tempat tinggal dan minat masyarakat setempat. 

Sebagai contoh, makanan-makanan seperti bacem dan aneka sunduk-sundukan (sate) bila kamu berjualan di Yogyakarta atau Solo. Akan tetapi, jika kamu berjualan di Bandung, camilan-camilan seperti aneka gorengan dan kudapan dari tepung kanji akan lebih diminati.

Kalau modal bisnismu terbatas, kamu bisa mencoba menjual makanan dan minuman dengan sistem pre order (PO) untuk mengurangi risiko kerugian.

Sumber : majoo.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.