Jenis Tujuan Finansial Dan Pengertiannya

163 View

Kabarinesia.com – Finansial merupakan salah satu kata yang bersumber dari Bahasa Inggris. Apabila diartikan, finansial mempunyai arti keuangan. Namun, di dalam kamus KBBI, finansial diartikan sebagai suatu hal yang berurusan dengan keuangan.

Jika kita teliti lebih dalam lagi, untuk membahas finansial sendiri tak hanya sekadar tentang kondisi keuangan yang ada di dalam lingkup yang besar. Finansial merupakan bagaimana kita mempelajari kondisi keuangan suatu bisnis, individu, organisasi, dan juga negara.

Mulai dari cara pengelolaannya, peningkatan, alokasi, pemberdayaan, perhitungan risiko, dan juga prospek masa depan yang berkaitan dengan keuangan. Bahkan di dalam sebuah perusahaan maupun lembaga, finansial bisa masuk ke dalam aspek administrasi.

Dalam konteks administrasi, finansial sendiri bisa diartikan sebagai suatu kegiatan mengelola sebuah transaksi uang yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan atau lembaga.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat Yang Membayar di Tahun 2022

Tujuan Finansial

Tentu banyak yang bertanya-tanya perihal apa sebenarnya tujuan dari adanya finansial untuk individu atau perusahaan. Jadi, pengelolaan finansial yang baik akan membantu kita untuk mengelola keuangan secara optimal dan lebih mahir mengatur finansial dalam kehidupan pribadi maupun bisnis.

Berikut adalah beberapa tujuan dari adanya finansial di dalam kehidupan individu maupun bisnis.

  • Menanamkan Sikap Disiplin dan Teratur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa finansial adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, dilakukan dengan disiplin dan teratur. Dengan begitu, kita bisa mengendalikan, merencanakan, dan memanfaatkan kondisi finansial dengan baik.

  • Memaksimalkan Keuntungan atau Profit

Sebagai seorang individu, saat proses finansial dilakukan secara terencana. Maka hal tersebut akan membantu kita dalam menuju kesuksesan finansial. Kita dapat menyiapkan sesuatu yang lebih besar untuk masa depan kita sendiri dengan lebih baik.

  • Menghindari Hutang

Beberapa orang menganggap bahwa manusia tidak akan pernah bisa terlepas dari yang namanya hutang. Jika dilihat sekilas, hal tersebut memang benar, manusia tidak dapat hidup tanpa adanya hutang. Entah itu hutang uang atau hutang barang atau jasa.

Jenis-Jenis Finansial

Saat mempelajari mengenai finansial, tentu kita juga akan mengetahui berbagai jenis finansial itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis finansial yang perlu dipahami:

  • Finansial Individu

Kondisi finansial individu bisa dilihat berdasarkan pendapatan atau gaji yang mereka punya. Kemudian, bagaimana kondisi keuangan mereka bisa memenuhi segala aspek kebutuhan orang tersebut. Finansial individu biasanya juga akan melihat kondisi keuangan seseorang dalam jangka yang pendek, menengah, dan panjang.

  • Finansial Perusahaan

Jenis finansial selanjutnya adalah finansial suatu perusahaan. Dimana finansial jenis ini adalah kondisi keuangan yang ada pada suatu perusahaan, baik itu perusahaan yang masih berskala kecil, menengah, hingga perusahaan besar.

Sumber : gramedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *